Subsidi Pemerintah di sektor perumahan

infoPROPERTI – Sebagian besar masyarakat, mungkin masih tidak familiar dengan kepanjangan dari “FLPP” dan secara umum mengenai program pemerintah di sektor perumahan. FLPP adalah singkatan dari Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan. FLPP adaha program yang diluncurkan oleh Kementrian Perumahan Rakyat (kemenpera) sejak tahun 2010, program ini menggantikan subsidi bunga dan subsidi uamg muka yang merupakan program pemerintah sebelumnya.

FLPP ataupun program subsidi kedua-duanya bertujuan untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memiliki rumah sendiri dan hidup sejahtera. FLPP ini memiliki kelebihan dibandingkan subsidi karena fungsinya yang bisa menguntungkan MBR dengan memberikan kemampuan menyicil rumah selama 15 tahun dengan tingkat bunga 7.25% tetap selama tenor pinjaman, sedangkan program subsidi hanya berhenti paling lama selama 6 tahun sesudah itu kembali kepada tingkat bunga komersil.

Yang diharapkan dengan adanya program ini agar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) memiliki rumah sendiri dan tidak terlantar, masih sekitar 13,6 juta menurut penuturan Kemenpera, orang yang belum memiliki rumah dari Sabang sampai Merauke.

Salah satu perbankan yang berkomitmen dalam melaksanakan program subsidi pemerintah ini adalah PT. Bank Tabungan Negara, dengan produk KPR BTN Sejahtera FLPP.

Persyaratan-persyaratan pengajuannya adalah sebagai berikut :

  • WNI dan berdomisili di Indonesia
  • Telah berusia 21 tahun atau telah menikah
  • Belum pernah memiliki rumah/hunian
  • Belum pernah menerima subsidi perumahan
  • Termasuk dalam kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang memiliki Pekerjaan dan Penghasilan Tetap sebagai pegawai tetap/wiraswasta/profesional dengan masa kerja/usaha minimal 1 tahun
  • Memiliki penghasilan pokok maksimal Rp. 3,5 juta per bulan untuk KPR Sejahtera Tapak dan maksimal Rp. 5,5 juta untuk KPR Sejahtera Susun
  • Memiliki NPWP Pribadi

Ketentuan Tentang Harga Rumah, Uang Muka dan Maksimal KPR adalah sebagai berikut :

flpp perumahan

 

 

468 ad